iklan samping

Gara-gara operamini pengangguran Jkt hidup enak

operamini

eit tunggu dulu, Anda penasaran ya? hehehe.. tapi ini cerita yang sangat nyata dan bahkan sulit dipercaya. Saya sendiri mengetahui hal ini hingga detail.

gara-gara browser operamini tersebut, salah satu pengangguran di jakarta bisa merasakan hidup enak dengan kehidupan keras di kota metropolitan ini.

Kenapa bisa begitu? Mau tahu ceritanya? Karena saya sendiri yang mengetahui langsung semua cerita itu

Ceritanya seperti ini Friend, waktu itu sekitar tahun 2008 silam orang ini merantau ke Jakarta karena ajakan sahabatnya yang satu sekolah model dan peran waktu itu. Hanya karena hobby dia yang dari kecil sangat menyukai dunia maya. Novel, komik, cerpen juga film dia sukai dan dia dari seorang Supervisor Marketing di salah satu Swalayan dia tinggalkan demi mewujudkan hobbynya yaitu bisa tampil di dunia entertainment dan sebuah pekerjaan ringan dalam sebuah swalayan sebagai seorang Supervisor Marketing yang notabene gajinya 5x lipat UMK Surabaya tidak membuat dia puas dan bertahan.

Dari seorang Supervisor yang bergaji 5jutaan menjadi seorang pengangguran di Jakarta jika job syuting tidak dia dapatkan. Tapi tetap dia tersenyum mengalami hal itu, bagi dia dunia yang dialami sekarang tetap indah. Aneh memang pemikiran orang yang mempunyai mimpi besar.

Apakah Anda mempunyai mimpi seperti orang ini friend? Pikirkan lagi jika Anda tidak mengerti dunia yang tidak Anda kenal betul, Anda bisa hancur sebelum melangkah. Sayangi pekerjaanmu selama membuatmu nyaman kecuali perasaanmu tak pernah tenang selama Anda bekerja.

Oke, kita lanjutkan kembali cerita saya ya, maaf jika sampai kemana-mana hehehe.

Operamini versi 4.2 saat itu yang saya tahu support dengan hp Java dan rata-rata orang memiliki hp jenis ini selain blackberry tentunya dan android saat itu memang sudah muncul dikarenakan android dibuat sekitar tahun 2006 tapi belum begitu populer dan Indonesia belum memiliki hp jenis android. Blackberry menggunakan versi 4.3 jika tidak salah, nah dari hal ini bermula. Dengan perbedaan versi itulah terkadang orang tidak mengerti, saat di install ada yang support tapi ada juga yang tidak. Kenapa bisa begitu?

Karena beda sistem akan beda juga aplikasinya, itu diketahui oleh orang itu dan dia manfaatkan celah ini untuk mencari keuntungan walaupun kecil tapi sangat bermanfaat buat dia. Anda bisa pelajari lebih lanjut aplikasi di www.opera.com/id/mobile/mini ini.

Semua aplikasi dan software pasti akan ada menu pengaturan atau disebut "setting" pada menu halaman aplikasi tersebut dan tiap pengaturan akan berbeda dengan tiap versi yang diciptakan oleh developer apps tersebut. Dan lebih bagusnya pada aplikasi operamini ini mempunyai pengaturan yang lebih lengkap daripada pengaturan browser lain bahkan seperti tema tampilan font tulisan dan kecepatan loading bisa diatur di aplikasi ini.

*(kata orang itu) Tahun 2006 saya mengenal operamini, 2002 saya mulai mengenal internet walau secara mendetail tidak, hanya sebatas buka internet dan saat itu paket data yang diberlakukan oleh salah satu operator sangatlah murah, bukan karena promo juga bukan karena baru tapi memang pengguna paket data saat itu tidaklah sangat banyak  seperti sekarang. Dikenalkan oleh teman saya yang berprofesi sopir minta saya menginstall aplikasi ini, "Nang, kamu install browser ini. bagus sekali bahkan akan mengalahkan semua browser yang ada sekarang ini. Saya sendiri waktu itu apa yang namanya Browser ini tidak tahu, browser? apakah nama sebuah makanan roti atau kue ya?

walau seorang Supervisor tapi orang tersebut bukanlah seorang yang paham akan internet secara mendalam, Internet tahu tapi browser tidak tahu. tiap hari dia berhadapan dengan klien atau customer dari produk yang ada di swalayan tersebut secara langsung bukan lewat internet.

*setelah saya menginstall dan membuka, hanya kata waow dari mulut saya.. bentuk tampilan browser saat itu hanya berwarna dasar sederhana sedangkan operamini mempunyai beberapa thema yang bisa kita ubah sesuai selera kita kapan saja. karena keinginan saya dari dulu agar bisa mengerti lebih dekat setiap aplikasi yang terdapat pada hp saya maka saya juga harus pelajari semua pengaturan aplikasi tersebut.

Setelah orang itu mempelajari aplikasi ini, dalam beberapa bulan ada teman (model & akting) dia datang ke tempat kerjanya dan menawarkan kerjasama sebagai koordinator lapangan di lokasi syuting saat itu. Dan orang ini tanpa pikir panjang langsung menyetujui ajakan temannya. Esok harinya dia mengajukan resign kantor dan lusa berangkatlah dia ke Jakarta untuk mengadu nasib yang belum jelas dia akan dapatkan.

Satu hari, satu minggu, 4 minggu dia menjadi koordinator lapangan figuran film dan sampai akhirnya 4 bulan dia bekerja. di bulan ke empat inilah masalah terjadi, teman yang sekaligus manager dia bermasalah dengan pihak film dan orang ini sebagai wakil temannya terkena imbas.

Menganggur di kota sebesar Jakarta, apa nikmatnya? apalagi Jakarta yang terkenal dengan ketidak pedulian orang-orang yang hidup di dalamnya. Mereka bilang elo-elo gue-gue. selama mereka tidak diganggu maka mereka tidak peduli apapun yang kita lakukan. Kejam ya hehehe. Gambaran ibukotanya Indonesia kita ini seram ya?

Dengan bekal menganggur dan paket uang dompet yang tinggal beberapa ribu rupiah berputarlah otak si pengangguran ini. Eh menganggur sebagai bekal? hahaha menganggur kok bekal.. itu nasib.

Dari seorang koordinator turun lagi menjadi figuran. dulu dia yang mengatur figuran sekarang dia sendiri yang jadi figuran tersebut demi sesuap nasi dan sebongkah berlian kata si pengangguran ini. Agency 1 dengan agency lain dia datangi, belum ada job syuting buat dia. Semua penuh apalagi penampilan "pemeran utama kita di artikel ini friend" hitam kecokelatan dan gaya khas mirip preman dengan jaket kulit, celana belel atau lusuh dan rambut gondrong bergelombang. Kalau job preman mungkin iya kalee hehehe..

Saat itu muncul berita di internet jika sebuah aplikasi browser bisa membuka sebuah media sosial dengan gratis menggunakan 1 tips trik sederhana. Hal inilah yang langsung di gali informasi itu lebih dalam. Si pengangguran akhirnya melakukan perjalanan lagi, mencari teman-teman figuran yang tidak mengetahui trik itu dan dia rela memberikannya dengan imbalan. Ironis memang, Seorang Supervisor Marketing dikarenakan hobby dan impian membuang karir yang di idamkan mayoritas orang. 

Korban pertama adalah, ehh korban? klien maksudnya hehe. klien pertama dia yaitu seorang bintang iklan kebetulan saat itu, gadis belia yang sangat cantik dan masih duduk di bangku SMK yang kemana-mana selalu ditemani orangtuanya, dia meminta si penganggur untuk mengubah penampilan thema aplikasi itu. Artis remaja ini pertama mendapatkan info jika si pengangguran bisa otak-atik aplikasi browser itu dari kru film. "bahkan jika beruntung kamu bisa membeli bonus gratis sebuah alamat media sosial gratis dari dia" kata si informan ke artis kecil itu.

Karena sudah saling kenal si penganggur dengan artis iklan ini bahkan dengan orangtuanya jadi artis iklan ini tidak malu merayu untuk mengubah penampilan browser dia beda dengan orang lain. 1 artis iklan sudah puas dengan cara kerja si penganggur dan dia dapatkan tip/komisi lumayan dari si artis. "Wah cukup buat 3hari komisi ini" kata si pengangguran tersebut. jika 1 orang memberikan komisi Rp.50-100ribu bagaimana jika sehari bisa dapat 5-10 orang? hitung sendiri ya hehehe... uang pertama bukan dari syuting figuran, bukan dari honor sebagai koordinator tapi dari jualan informasi baru dia merasakan nikmatnya hidup enak jadi pengangguran gara-gara operamini.

Hari demi hari dia lalui, dari figuran, talent harian (pemeran harian) dan kru film juga beberapa figuran meminta dia untuk mengubah tampilan aplikasi browser itu. Bukan saja kalangan artis dan figuran saja yang meminta dia mengatur tampilan browser itu tapi meluas sampai kalangan orang awam. Tiap warung, cafe, restoran atau rumah makan dia jelajahi hanya karena terima panggilan job. Bukan job syuting tapi job operamini customer hehehe..

Lebih dari 6 bulan dia jalani hidup enak sebagai pengangguran di kota Jakarta bermodalkan informasi akurat sebuah pengaturan aplikasi.

To be Continued...

Akhir kata dari penulis,
Jika Anda menyukai hal dan sesuatu apapun di dunia ini maka pelajarilah hal itu sampai tuntas tak peduli orang lain berkata apa, hisap dan camkan pada diri Anda bahwa Anda akan menjadi orang yang lebih tahu akan sesuatu hal itu dari mempelajarinya. Rasa puas akan Anda rasakan saat orang lain bingung dan kesal akan sesuatu itu tapi Anda bisa memberikan solusinya. Jangan meniru dan menjiplak karya orang lain tapi berkreasilah akan sesuatu hal lain yang belum orang tahu. Sekian cerita saya dan terima kasih Anda sudi membaca artikel yang mirip cerpen ini.
Wassalam.

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.